Lomba – lomba Cendekia Muda
November 26, 2019
Umrah Edukatif Yayasan
January 21, 2020

Menjelajah Singapura Sambil Berlomba


Pada awal tahun 2020 lalu, tepatnya tanggal 6-12 Januari 2020, sebanyak 29 Siswa dan Guru SD-SMP-SMA Islam Cendekia Muda melakukan perjalanan ke Singapura dan Malaysia. Mereka berpartisipasi dalam sebuah program tahunan sekolah yaitu Singapore Adventure in Race.

Sesuai dengan namanya, program ini mengajak para peserta untuk menjelajah Singapura sambil berlomba. Berbagai tempat yang mengedukasi dan menyenangkan menjadi tujuan mereka selama berada di Singapura. Berbekal petunjuk dan uang seadanya dari panitia, sebuah peta dan keberanian untuk bertanya pada masyarakat lokal dalam Bahasa Inggris, mereka berlomba untuk sampai ke tempat-tempat tujuan yang dirahasiakan. Satu orang guru dalam tiap kelompok mendampingi dan mengawasi mereka selama perjalanan mencari lokasi rahasia.

Program ini terinspirasi dari Sirah Nabawiyah ketika Rasulullah SAW melakukan perjalanan besar pertamanya ke luar negeri di usia remaja. Perjalanan tersebut turut membentuk karakter kepemimpinannya. Perjalanan itu membuatnya lebih mudah beradaptasi di lingkungan baru, lebih percaya diri dalam berkomunikasi, berani dalam menerima tantangan, dan melatihnya bertanggung jawab.

Perjalanan ini tak hanya mengisi liburan anak dengan menyenangkan tapi juga edukatif, menambah kemandirian, wawasan dan pengalamannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *