SMP Islam Cendekia Muda
Stage anak dalam Sirah Nabawiyah dan Metaphor of Tree
Seorang anak di Sekolah Menengah Pertama berada di rentang Usia 11-15 tahun. Bila diibaratkan pertumbuhan sebuah pohon, ia berada pada fase Trunk - “Growing Up”. Pada fase ini, pemahaman anak sudah mulai terbentuk dan harus terus dikembangkan dan diperkuat. Anak perlu terus dikuatkan pemahamannya tentang ajaran tauhid dan tentang perannya sebagai seorang muslim yang bermanfaat bagi sekitar. Ia juga mulai sangat peka dengan dirinya, baik fisik maupun identitasnya, sehingga pembelajaran harus benar-benar mempertimbangankan siswa itu sendiri sebagai seorang manusia yang ada di sebuah lingkungan sosialnya, oleh karena itu perkataan guru ketika mengajar, kondisi kelas yang kondusif yang tidak menjatuhkan siswa yang ada di dalamnya mutlak di di jaga oleh guru. Di usia ini, bila merujuk sirah nabawiyah, anak berada pada fase berdagang dan perang fijar. Artinya anak sudah bisa mandiri, berpikir kreatif, berani, serta memiliki ketangguhan fisik dan mental.
Target Capaian
Ujung dari proses pendidikan di SMP Islam Cendekia Muda menghasilkan peserta didik yang memilki 3 standar yaitu Siswa SABAR, Sholeh/ha, Amanah, Barokah. Standar pertama, standar shaleh/shalehah artinya siswa memiliki akhlak islami yang tercermin dalam perilakunya. Selanjutnya adalah standar amanah, amanah sebagai siswa adalah belajar oleh karena itu ujung dari standar amanah adalah peserta didik yang memiliki pemahaman akan konsep keilmuan dan mampu mengembangkan konsep tersebut di jejnajang pendidikan selanjutnya serta memiliki kecakapan dan keterampilan dalam penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi. Standar terakhir adalah standar barakah, yang ditunjukan dengan dapat dijadikan teladan serta dapat menyeru kepada kebaikan dan mencegah kemunkaran (amal Ma’ruf nahi munkar) serta memiliki daya juang yang tinggi, berjiwa kompetitif dan visioner.Program unggulan
Program pembiasaan ibadah wajib, sunnah, serta penanaman akhlaq Qurani pada Siswa melalui pemantauan berkala
Program pembelajaran berbasis proyek individu dan kelompok. Berisi serangkaian proses pembuatan sebuah karya (tulis/produk), dari mulai pengumpulan data hingga
penyusunan karya tulis sederhana dan presentasi.
Kegiatan belajar di luar kelas dimana siswa diberikan wawasan tentang permasalahan di lapangan yang sesuai dengan tema proyek. Fieldtrip dapat berupa kunjungan, seminar, atau studi banding.
Program camping yang berfokus untuk menguatkan jiwa kepemimpinan anak. Berisi kegiatan yang tidak hanya melatih fisik dan mental anak di usianya, tapi juga menguatkan ruhi dan empatinya.
Karena adanya pemisahan kelas putra dan putri serta siaganya guru di kelas, maka guru laki-laki akan menyisipkan pendampingan baligh pada siswa laki-laki dalam pembelajaran dan begitupun guru perempuan.
Program pengenalan lingkungan sekolah pada peserta didik baru yang melibatkan kakak kelas 8 & 9. Kakak kelas menyambut kedatangan adik kelas layaknya kaum Anshor menyambut kaum Muhajirin pada fase hijrah.
Perlombaan olahraga antarkelas yang diadakan setiap satu semester sekali. Diadakan di tempat-tempat olahraga di luar sekolah.
Program pemetaan minat dan bakat serta cita-cita siswa. Berupa seminar dan workshop yang memungkinkan siswa melihat minat bakatnya dan cita-citanya serta cara untuk mencapainya.
Program menginap untuk penguatan ruhi anak dengan berbagai kegiatan seperti murojaah dan pengetesan hapalan, kajian-kajian, dan penguatan ibadah wajib dan sunnah.
Program pembiasaan shaum sunnah Senin Kamis yang dilakukan secara serentak siswa dan guru. Dilaksanakan setiap sebulan 4 kali.
Program pembiasaan menghafal Qur’an dengan baik dan benar dengan metode UMMI.
Program untuk membiasakan anak menggunakan Bahasa Inggris di sekolah dalam satu hari tiap minggu.
Pertunjukkan kelas/level yang ditampilkan 1 kali tiap semester. Di tingkat SMP, siswa mulai menyusun sendiri pertunjukan kelasnya dari naskah, tarian, musik, hingga pembuatan video.
Program pengenalan anak pada dunia Enterpreneurship, sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah dan para sahabat. Dimana anak-anak diajarkan adab dalam jual beli dan mengasah kreativitasnya dalam membuat dan menjual produk.
Tim Pengajar
Febrie Maulina, S.P
Kepala Sekolah SMP Cendekia Muda
Febrie memulai karir mengajarnya di SD Islam Cendekia Muda pada tahun 2005. Saat itu Ia merasa terpanggil untuk menjadi seorang guru, yang merupakan cita-citanya sejak Remaja. Saat ini Febrie Maulina menjabat sebagai Kepala Sekolah SMP Islam Cendekia Muda. Menurutnya, usia remaja merupakan fase usia yang sangat krusial dalam pembentukan karakter dan keimanan seseorang. Ia memiliki semangat dan besar untuk mencetak lulusan SMP Islam Cendekia Muda menjadi manusia yang dapat melakukan amal ma’ruf nahi munkar dan berkontribusi dalam kebangkitan Islam, Aamiin.
Dira Yuanita, S.Si.
Wakil Kepala Sekolah Bagian Kurikulum
Lahir di Bandung tanggal 20 Desember 1986, lulusan SMAN 2 Bandung tahun 2004 ini menyandang gelar “Siswa dengan Lulusan Terbaik”. Ia sangat menyukai pekerjaan mengajar, karena itu setelah lulus kuliah Dira hanya ingin bekerja sebagai Guru. Setelah lulus dari jurusan matematika ITB tahun 2009, Dira langsung bergabung dengan Yayasan Laju Pendidikan sebagai Guru Matematika SMP Islam Cendekia Bandung. Ia ingin membuat anak didiknya menyenangi matematika yang bagi kebanyakan orang merupakan pelajaran yang sulit. Ia juga berharap agar anak didiknya mampu menyadari dan memahami penerapan ajaran TAUHID dalam setiap aktivitas mereka.
Hasbi Basith Sukarno S.Si.,M.M
Wakil Kepala Sekolah Bagian Kesiswaan dan Sarana Pra-Sarana
Hasbi memulai karirnya di SMP Islam Cendekia Muda pada tahun 2008 sebagai guru Matematika. Sebelumnya ia tidak memiliki cita-cita sebagai seorang guru, namun ia sangat besyukur dengan takdir Allah yang menjadikannya seorang guru. Ia ingin menyampaikan kepada anak didiknya bahwa tujuan dari mempelajari ilmu matematika adalah mereka mampu menyadari tentang perhitungan sesungguhnya sebagai seorang manusia, yang kelak akan mempertanggungjawabkan semua amal perbuatannya dihadapan Tuhannya, Allah Swt.
Asep Maman S, S.Si.
Pengajar IPA
Wildan Wilyani, S.Pd.
Pengajar IPS
Rinda Rizekia, S.Pd.
Pengajar Bahasa Indonesia
Ikarina Sri Hasanah, S.Pd.I.
Pengajar Bahasa Arab dan PAI
Annisa Fitri, S.Si.
Guru IPA (Fisika dan Kimia)
Yuni Hoeruni, S.Pd.
Pengajar IPA Biologi
Egi Fajriyandi, S.Pd.
Pengajar Bahasa Inggris
Reini, S.S.
Pengajar Bahasa Inggris
Harisma Permana, S.Pd.
Pengajar PJKR
Sugandi, S.Pd.
Pengajar Seni Budaya
Edy Junaedi
Pengajar Tahsin Al Quran
Muhammad Ramdhan
Pengajar Pendidikan Agama Islam
Nur Anisah Jamil, S.Ikom.I.
Pengajar Al-Qur’an
Regina Asri, S.Pd.
Pengajar PJOK.
Rd. Rizki R S.Pd., M.M.Pd
Pengajar PKn
Yudi Karviandi, S.Ag.
Pengajar Siroh
Ulfah Haldha Turniawan, S.Ikom., M.Pd.
Pengajar Bahasa Indonesia
Ogi Wahyudi, S.Pd., Gr.
Pengajar Matematika
Fitria Darmayani, S.P.
Pengajar Prakarya