Mengapa kurikulum berbasis Sirah Nabawiyah?
April 3, 2020
Bagaimana Siswa SD Islam Cendekia Muda belajar di Rumah?
April 3, 2020

Belajar di Rumah ala Anak-anak TK Islam Cendekia Muda



Menyebarnya novel-coronavirus di Indonesia, terutama di Kota Bandung mengharuskan Kita untuk lebih banyak beraktivitas di dalam rumah, termasuk bagi pelajar. Untuk mengurangi penyebaran penyakit ini, Pemerintah menghimbau sekolah-sekolah melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di rumah dengan bimbingan guru secara daring/online.

Menanggapi hal tersebut, maka mulai 16 Maret 2020, Sekolah Islam Cendekia Muda memberlakukan sistem belajar di rumah bagi seluruh siswanya dari daycare hingga SMA. Sistem pembelajaran jarak jauh di setiap unit berbeda-beda, disesuaikan dengan fase pertumbuhan anak dalam metaphor of tree dan sirah nabawiyah. Di Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak Islam Cendekia Muda, pembelajaran dilakukan dengan menggunakan berbagai media dan tidak terfokus pada pemberian tugas pada anak. Fokus pembelajaran di TK adalah kegiatan birul walidain, kegiatan yang melatih kemandirian, aktivitas yang melatih motorik halus dan kasar, serta pembelajaran Al-Quran. Media yang digunakan oleh Ibu Guru di TK adalah video, foto, dan rekaman suara.

Kelas online biasanya dibuka dengan video atau pesan suara dari Ibu Guru yang mengingatkan untuk berolahraga dan berjemur, kemudian anak masuk pada pembelajaran UMMI dan tahfidz. Kegiatan belajar online dilanjutkan dengan bermain dan belajar bersama orang tua sesuai dengan tema yang sudah ditentukan oleh Ibu Guru. Kegiatan belajar pada tingkatan usia yang lebih tinggi juga dilakukan sesuai dengan mata pelajaran, misalnya bahasa, matematika, olahraga, Ummi dan hapalan, sains, agama, musik, dan adab.

Pembelajaran jarak jauh bagi anak-anak KB-TK dibuat seinteraktif dan semenarik mungkin, anak-anak senang saat mereka melihat wajah dan suara Ibu Gurunya, sehingga Ibu Guru di KB-TK lebih banyak menggunakan media video dalam Pembelajaran jarak jauh ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *